Hubungan pengetahuan perawat tentang hand hygiene dengan pelaksanaan hand hygiene di ruang rawat inap aulia hospital

Saputra, Budi (2019) Hubungan pengetahuan perawat tentang hand hygiene dengan pelaksanaan hand hygiene di ruang rawat inap aulia hospital. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
172401K017-cover-lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
172401K017-bab 123..pdf

Download (5MB)
[img] Text
172401K017-bab 456.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), infeksi nosokomial merupakan penyebab utama tingginya angka kesakitan dan kematian di dunia. Infeksi ini menyebabkan 1,4 juta kematian setiap hari di dunia. Hand hygiene adalah suatu upaya atau tindakan membersihkan tangan, baik dengan menggunakan sabun antiseptik di bawah air mengalir (hand washing) dengan langkah-langkah yang sistematik sesuai urutan, sehingga dapat mengurangi jumlah bakteri yang berada pada tangan Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang ada tidak Hubungan pengetahuan perawat tentang hand hygiene dengan pelaksanaan hand hygieneDesain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Dimana teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik total sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 30 subyek.Pada penelitian ini didapatkan sebagian besar responden tidak melakukan pelaksanaan hand hygiene. Dari hasil analisis diperoleh nilai signifikan = 0,04 (p.value ≤0,05). Hal tersebut menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga ada hubungan antara pengetahuan dengan pelaksanaan hand hygiene diruang rawat inap di Aulia Hospital tahun 2019. Diharapkan penelitian ini bisa jadi meningkatkan pengetahuan tentang Hand Hygiene bagi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:34
Last Modified: 09 Dec 2021 03:34
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item