PKM Pencegahan Selh Harm Melalui Pengelolan Emosi Pada Remaja Di Sma Negeri 2 Kuok

Alini, Alini and Novrika, Bri and Arge, Wanda and Kurniadi, Rizki (2024) PKM Pencegahan Selh Harm Melalui Pengelolan Emosi Pada Remaja Di Sma Negeri 2 Kuok. JURNAL PAHLAWAN KESEHATAN, 1 (3). pp. 87-92. ISSN 3063-010X

[img] Text
54. PKM Pencegahan Selh Harm Melalui Pengelolan Emosi Pada Remaja Di Sma Negeri 2 Kuok.pdf

Download (246kB)
Official URL: https://publikasi.abidan.org/index.php/jpk/article...

Abstract

Sebagian remaja menghadapi suatu permasalahan, dimana sebagian ada yang mampu menyelesaikan dengan baik, namun sebagian lainnya ada yang tidak dapat menyelesaikan dengan baik, ketidakmampuan individu dalam menyelesaikan masalah dan menghadapi suatu permasalahan menyebabkan terjadinya stress dan tekanan yang menimbulkan emosi negatif dan efek negatif. Stres yang berdampak terhadap emosi negatif yang tidak terkendali dapat membuat individu melakukan perilaku yang dapat merugikan diri sendiri, seperti melukai diri sendiri, mengonsumsi narkoba, minum minuman beralkohol, penyimpangan sosial dan perilaku-perilaku negatif lainnya. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada remaja tentang perkembangan remaja serta pentingnya mengelola emosi untuk mencegah terjadinya selfharm dan bullying. Selain itu, kegiatan tersebut juga memperkenalkan bagaimana remaja harus membagi waktu dan mendetox dopamine. Mereka akan berbagi pengetahuan dan strategi praktis untuk membantu remaja menghadapi tantangan emosional dengan lebih baik. Selain itu, peserta diajarkan teknik detox dopamine untuk merubah kebiasaan buruk remaja yang melakukan selfharm dan bullying. Kata Kunci: Bullying, Dopamin, Emosi, Remaja, Selfharm

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S1)
Depositing User: Alini Alini Alini
Date Deposited: 27 Jul 2025 11:43
Last Modified: 27 Jul 2025 11:43
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item