Wati, Jamila (2020) Pengembangan Soal Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP (Penelitian Pengembangan Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1684202003-COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
1684202003-BAB I - BAB III.pdf Download (6MB) |
|
Text
1684202003- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal sebagai alat evaluasi yang dapatrnmemfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Permasalahan yangrnterdapat dalam penelitian ini adalah belum adanya soal yang secara khusus dibuatrnsebagai alat evaluasi untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematisrnpeserta didik di sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitianrnpengembangan yang menggunakan model Plomp. Model ini terdiri dari preliminaryrnresearch dan prototyping phase. Pada fase preliminary research dilakukan analisisrnkebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep dan studirnliteratur. Sedangkan fase prototyping meliputi validasi, evaluasi dan revisi produkrnyang dikembangkan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembarrnangket dan lembar tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptifrnyang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas yang diberikan oleh validator,rnhasil angket respon peserta didik dan guru dengan cara menghitung setiap persentasernnilai yang diberikan. Hasil analisis data terhadap validitas aspek isi dan konstrukrndiperoleh rerata 3 dengan kategori valid. Sedangkan hasil analisis data validitas padarnaspek bahasa diperoleh rerata 3,8 dengan kategori sangat valid. Adapun hasil analisisrndata angket kepraktisan peserta didik diperoleh hasil persentase berada diantararn70,33% - 95,34%. Hal ini berarti peserta didik dapat kemudahan dalamrnmenggunakan soal yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data tersebutrndapat disimpulkan bahwa soal matematika berbasis open ended dinyatakan valid danrnpraktis pada materi bilangan. Selain itu, terdapat efek positif dalam menyajikan soalrnmatematika yang dilandaskan atau didasarkan atas pendekatan yang telah terbuktirnuntuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah yaitu open ended. Hal inirnditandai dari respon positif peserta didik yang lebih termotivasi dalam mengerjakanrnsoal yang diberikan.rnKata kunci: Model Plomp, Bilangan, Open Ended.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:55 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/423 |
Actions (login required)
View Item |