Meningkatkan Kemamuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bermain Puzzle ABC Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu (Penelitian TIndakan Kelas Pada Kelompok B di RA. Habiby Desa Kusau Makmur, Kecamatan Tapung Hulu)

Jumaida, Mariana (2020) Meningkatkan Kemamuan Mengenal Huruf Melalui Kegiatan Bermain Puzzle ABC Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu (Penelitian TIndakan Kelas Pada Kelompok B di RA. Habiby Desa Kusau Makmur, Kecamatan Tapung Hulu). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1486207076-COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1486207076- BAB I - BAB III (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
1486207076-BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melaluirnkegiatan bermain puzzle abc Kelompok B di RA Habiby Desa Kusau MakmurrnKecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dalam kenyatan yang peneliti lihatrnbahwa kemampuan mengenal huruf anak masih rendah. Hal ini disebabkanrnkarena guru mengajarkan mengenal huruf kepada anak dengan menuliskan hurufrnsatu persatu di papan tulis dengan media dan alat permainan seadanya sehinggarnmembuat anak menjadi bosan dan kurang berminat dalam mengenal huruf. Salahrnsatu upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan mengenal hurufrnini anak dalam pembelajaran anak usia dini adalah dengan menggunakan metodernbermain, bernyanyi dan puzzle dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitianrnini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan metodernkombinasi bernyanyi dan puzzle huruf abc di Kelompok B di RA Habiby DesarnKusau Makmur? Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuanrnmengenal huruf dalam puzzle abc anak dalam proses pembelajaran anak kategorirnmampu sebelum tindakan adalah 25%, pada siklus I rata- ratanya 50% sedangkanrnpada siklus II rata- ratanya 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuanrnmengenal huruf pada kegiatan bermain puzzle abc anak mengalami peningkatanrndari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus II. Jadi, dapatrndisimpulkan bahwa penggunaan dengan metode kombinasi bermain dan puzzlernabc dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf padarnsiswa.rnKata kunci : Kemampuan, mengenal huruf, Bernyanyi, Puzzle ABC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:12
Last Modified: 16 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item