Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling aritmatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Naka TK AN-Nur)

Rahayu, Putri (2020) Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling aritmatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Naka TK AN-Nur). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686207011-COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686207011- BAB I - BAB III (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686207011-BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya perkembangan kognitif dirnTK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Penelitian ini bertujuan untukrnmengetahui bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatanrnbermain bowling aritmatika pada anak usia 4 – 5 tahun TK An-Nur Ujung PadangrnKampar Utara. Untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan kognitifrnmelalui kegiatan bermain bowling aritmatika pada anak usia 4 – 5 tahun TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakanrnkelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuahrntindakan yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamarndengan jumlah anak sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki –rnlaki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inirnadalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalahrnteknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti yangrntelah di uraikan di peroleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaiturnperkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di TK An-Nur Ujung Padang KamparrnUtara sebelum penerapan bermain bowling aritmatika berkriterian kurang artinyarnsecara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif belum berkembang.rnSesudah mulai bermain bowling aritmatika pada siklus I dan II berkriteria baik yangrnartinya secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif sudahrnberkembang sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatan yangrndiperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I peningkatan sebesar 32,8 %.rnSedangkan peningkatan perkembangankognitif dari siklus I dab II sebesar 48,8%rndan secara keseluruhan peningkatan perkembangan kognitif dari siklus I ke siklusrnII sebesar 97,8%.rnKata kunci : Bermain Bowling Aritmatika, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 16 Oct 2021 03:25
Last Modified: 16 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item