Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika Dalam Materi Perkalian (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas III sd Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021)

Aqsa, Dwi Maulidiyah (2020) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika Dalam Materi Perkalian (Penelitian Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas III sd Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206053- COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206053-BAB I - BAB III (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206053- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang sering terjadi adalah sebelum siswa menguasai konsep soal cerita perkalian guru melewatkan materi begitu saja tanpa menjelaskan sampai siswa benar-benar paham. Rendahnya pemahaman konsep soal cerita matematikadipengaruhi oleh kurang mampunya siswa dalam memahami makna bahasa dari kalimat yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep soal cerita matematika pada materi perkalian di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kemamampuan pemahaman siswa dalam menjawab soal cerita matematika materi perkalian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan tes tertulis sebagai instrumen yang digunakan. Data yang diambil dari penelitian ini adalah hasil dari jawaban siswa terhadap instrumen tes pemahaman konsep soal cerita matematika, kemudian dianalisis dengan cara mwnghitung jumlah total skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan siswa memahami konsep soal cerita matematika sebesar 73% yaitu dapat dikategorikan tinggi. Indikator yang memiliki nilai persentasi terendah adalah indikator yang sulit dikerjakan atau dipahami oleh siswa adalah 60% yaitu siswa kurang mampu memahami soal cerita dengan baik. Sebenarnya, siswa bukan tidak mampu mengerjakan soal perkalian tetapi siswa kurang memahami langkah-langkah yang tepat pada saat mengerjakan soal cerita matematika. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 08:48
Last Modified: 14 Oct 2021 08:48
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item