Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Model Student Facilitator AndrnExplaning (SFE) Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Ekosistem Siswa Kelas V SDN 001 Batam Kota

Octaviani, Nur Afifah (2020) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Model Student Facilitator AndrnExplaning (SFE) Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Ekosistem Siswa Kelas V SDN 001 Batam Kota. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206128-BAB 1,2,3 - Copy-dikonversi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206128-BAB IV DAN V, DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berbicara siswa kelasrnV001 Batam Kota. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalahrndengan menerapkan model Student Facilitator and Explaning (SFE). Tujuanrnpenelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V padarntema ekosistem dengan menggunakan model Student Facilitator andrnExplaning (SFE). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasrn(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari duarnpertemuan dan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrnrefleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan dari 25 November 2019-26rnNovemver 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasarrnyang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi,rnobservasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa pada siklus Irnmasih kurang efektif karena pada pertemuan I presentase ketuntasan yaiturn38,46% dengan nilai rata-rata 67.69 dan pada pertemuan II presentasernketuntasan mencapai 53,84% dengan nilai rata-rata 75.07. Sedangkan padarnsiklus II pertemuan I presentase ketuntasan lebih meningkat denganrnpresentase ketuntasan mencapai 80,30 dengan presentase 73,07% , dan padarnpertemuan II presentase ketuntasan mencapai 92,30% dengan nilai rata-ratarn88.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanrnmodel Student Facilitator and Explaning (SFE)dapat meningkatkanrnketerampilan berbicara siswa kelas V SDN Batam Kota.rnKata Kunci: Model student facilitator and explaning (SFE), KeterampilanrnBerbicara, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:49
Last Modified: 10 Jul 2024 11:17
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item