Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa DI SD Pahlawan (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

Sendayu, Rajeni (2020) Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa DI SD Pahlawan (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206033- COVER - TABEL LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)
[img] Text
1686206033- BAB 1-BAB 3.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206033- BAB IV-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran-pelanggaran kedisiplinan belajar pada siswa sekolah dasar Pahlawan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa-siswa sekolah dasar kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas IV sekolah dasar Pahlawan masih kurang. Hal ini terlihat dari banyaknya pelanggaan yang terjadi. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan siswa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor internal yang berasal dari diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan luar. Guru harus melakukan upaya-upaya untuk menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa seperti melakukan pendekatan secara langsung kepada siswa dengan cara bertanya, melakukan tindakan korektif terhadap peraturan dan konsekuensi apabila melanggar aturan yang dibuat, dan melakukan tindakan penyuluhan serta memberikan solusi terhadap kesulitan yang dirasakan siswa.rnrnKata Kunci: pelanggaran, kedisiplinan belajar, siswa, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:33
Last Modified: 14 Oct 2021 07:33
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item