Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Active Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Materi Teks Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Langgini Kec. Bangkinang Kota)

Rahmadani, Rena (2020) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Active Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Materi Teks Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Langgini Kec. Bangkinang Kota). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206071- COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
1686206071- BAB I - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206071- BAB IV, BAB V, dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan membacarnpemahaman siswa pada materi teks cerita anak di kelas V SDN 012 Langgini.rnSalah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan modelrnpembelajaran Active Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikanrnpeningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks ceritarnanak dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning pada siswa kelasrnV SDN 012 Langgini. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasrn(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua pertemuanrndan empat tahapan, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.rnSubjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, jumlah siswa lakilaki 11 orang, dan perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan data beruparndokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahuirnterdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materirnteks cerita sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membacarnpemahaman hanya 61, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 67,rnsiklus I pertemuan II meningkat menjadi 79,75. Selanjutnya siklus II pertemuan Irnmeningkat menjadi 80 dan siklus II pertmuan II meningkat menjadi 84. Makarndapat disimpulkan penerapan model Active Learning dapat meningkatkanrnketerampilan membaca pemahaman siswa dpada materi teks cerita anak kelas VrnSDN 012 Langgini.rnKata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Active Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:26
Last Modified: 14 Oct 2021 07:26
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item