Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi Siswa Kelas IV A SD Islam Assakinah Kec. Sagulung)

Dewayanti, Yustina (2020) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi Siswa Kelas IV A SD Islam Assakinah Kec. Sagulung). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206146- Cover dan Daftar Lampiran Yustina-dikonversi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206146- BAB I-III-dikonversi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206146- BAB IV-V DAN DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatifrnsiswa pada mata pelajaran IPA di kelas IVA SD Islam Assakinah,rnKelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung, Batam. Salah satu solusi untukrnmengatasi permasalahan ini dengan menggunakan metode mind maping.rnPenelitian ini bertujuan agar terjadi peningkatan keterampilan berpikirrnkreatif melalui metode mind mapping. Penelitian dimulai 21 Novemberrn2019 sampai 4 Desember 2019 dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini melaluirn4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. SubjekrnPenelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 24 siswa terdiri darirn14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan datarnberupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkanrnadanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada tema selalurnberhemat energi sub tema sumber energi kelas IV A pada siklus I tergolongrnbaik dengan jumlah siswa yang tuntas 15 siswa dari 24 siswa sedangkanrnpresentase ketuntasan klasikal 62,5%. Pada Siklus II, jumlah siswa yangrntuntas mengalami peningkatan 21 siswa yang tuntas dari 24 siswarnsedangkan ketuntasan klasikal 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkanrnbahwa dengan menggunakan metode mind mapping terjadi peningkatanrnketerampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA tema selalurnberhemat energi sub tema sumber energi kelas IV A SD Islam Assakinah.rnSelain pada siswa, penelitian ini juga menambah informasi baru bagi gururnsehingga guru dapat menggunakan metode ini dalam pembelajaran danrnsekolah dapat meningkatkan mutunya.rnKata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Mind Mapping,rnPembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:13
Last Modified: 14 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item