Peningkatan Keterampilan Pemahaman Membaca Menggunakan Metode Survey, Question, Read,Recite, Review (SQ3R) Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Ekosistem Peserta Didik Kelas V SDN 001 Batam)

Yuyun, Yuyun (2020) Peningkatan Keterampilan Pemahaman Membaca Menggunakan Metode Survey, Question, Read,Recite, Review (SQ3R) Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Ekosistem Peserta Didik Kelas V SDN 001 Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI YUYUN 1686206147.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-III YUYUN 1686206147.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV-V+DAFTAR PUSTAKA YUYUN 1686206147.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi rendahnya keterampilan membacarnpemahaman peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota. Jenis penelitianrnini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secararnkolaboratif dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaiturnperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalahrnpeserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota, terdiri dari 26 peserta didikrnterdapat 14 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Metodernpengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Tes tertulisrndigunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman sedangkanrnlembar observasi bertujuan mengamati aktivitas peserta didik dan aktivitasrnguru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3Rrndapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas V SDNrn001 Batam Kota. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlahrnpeserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Halrnini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan nilai ketuntasanrnklasikal. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siklus Irnpertemuan I 66,92 dan 30,76%, siklus I pertemuan II nilai rata-rata 74,03rndengan persentase ketuntasan klasikal 46,15% meningkat pada siklus IIrnpertemuan I dengan rata-rata nilai 79,80 dengan pesentase ketuntasanrnklasikal 73,07% dan meningkat lagi menjadi 92,50 dengan persentasern92,30% siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan metodernSQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pesertarndidik kelas V di SDN 001 Batam Kota.rnKata Kunci : Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), KeterampilanrnMembaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:11
Last Modified: 14 Oct 2021 07:11
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item