Silvia, Suci (2020) Penerapan Metode Silaba untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Keluargaku Siswa Kelas I SDN 012 Bengkong). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Text
1686206141- BAB I-III-converted.pdf Download (4MB) |
|
Text
1686206141- BAB IV-V dan Daftar Pustaka.pdf Download (6MB) |
Abstract
AbstrakrnPenelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan membaca permulaanrnsiswa kelas I SDN 012 Bengkong Batam. Salah satu solusi utuk mengatasirnmasalah ini adalah dengan menerapkan metode silaba. Tujuan penelitian ini untukrnmeningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada tema Keluargaku denganrnmenggunakan metode silaba. Metode peelitian ini adalah Penelitian TindakanrnKelas (PTK) yanng dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari duarnpertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi,rnrefleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada 20 November 2019- 28rnNovember 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas I yaitu berjumlah 40 orang.rnTeknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian inirndisimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa dengan temarnKeluarhalu pada siklus I tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasanrnsiswa 65% dengan nilai rata-rata 72,13. Sedangkan pada siklus II mengalamirnpeningkatan sangat baik yakni ketuntasan siswa 92,5%. Dengan demikian dapatrndisimpulkan bahwa dengan penerapan metode silaba dapat meningkatkanrnketerampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 012 Bengkong.rnKata Kunci : Metode Silaba, Keterampilan membaca permulaan, Siswa sekolahrn dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Lisa Dwi Anggraini |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 07:06 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 12:01 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |