Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V SDN 001 Batam Kota)

Mulyani, Mulyani (2020) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V SDN 001 Batam Kota). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206125-BAB 1-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206125-BAB 4-5 dan daftar Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritisrnsiswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 001 Batam Kota. Salah saturnsolusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan modelrnpembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini unutkrnmemaparkan peningkatan kemampuan berfikir kritis IPA materi ekosistemrndengan menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa kelas V SDNrn001 Batam Kota. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasrn(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat duarnpertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi,rnrefleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November selamarndua minggu 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 25rnorang, dengan jumlah laki-laki 15 orang, dan siswa perempuan berjumlahrn10 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi.rnHasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kritisrnsiswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentasirnpada siklus I pertemuan I mencapai (44%) pertemuan ke II meningkatrnmenjadi ( 62% ) sedangkan siklus II pertemuan I (80%), dan pertemuan IIrnmeningkat menjadi ( 92% ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwarndengan menerapkan model pembelajaran PBL dapat meningkatkanrnkemapuan berfikir kritis siswa materi ekosistem pada kelas V SDN 001rnBatam Kota.rnKata Kunci : Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kritis, Model PBL, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:50
Last Modified: 10 Jul 2024 11:15
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item