Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intellectual) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Anak Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDIT Al Madinah Bengkong Sadai Batam)

Mirna, Mirna (2020) Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intellectual) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Anak Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDIT Al Madinah Bengkong Sadai Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206123-COVER DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206123-BAB I, II, III (2).pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206123-BAB 4-5 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran danrnketerampilan membaca pemahaman siswa kelas II SDIT AL Madinah BengkongrnSadai Batam melalui penggunaan Model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory,rnVisual dan Intellectual). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasrn(PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan observer. Penelitian ini terdirirndari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjekrnpenelitian adalah siswa kelas II SDIT AL Madinah Bengkong Sadai Batam, terdirirndari 23 siswa terdapat 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metodernpengumpulan data menggunakan tes membaca dan observasi. Tes membaca puisirndigunakan untuk mengukur keterampilan membaca puisi sedangkan lembarrnobservasi bertujuan mengamati aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitianrnmenunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory,rnVisual dan Intellectual) dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswarnkelas II SDIT AL Madinah Bengkong Sadai Batam. Hal ini ditunjukkan denganrnadanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimumrn(KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan Klasikal. Nilai rata-rata danrnpersentase ketuntasan klasikal pra siklus 13%, pada siklus I pertemuan I 43% danrnmeningkat siklus I pertemuan II 65% dan siklus II pertemuan I meningkat 87%rndan 100% pada siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan modelrnpembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intellectual) dapatrnmeningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas II SDIT AL MadinahrnBengkong Sadai Batam.rnKata Kunci: SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intellectual) dapatrnmeningkatkan keterampilan membaca puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:43
Last Modified: 14 Oct 2021 06:43
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item