Upaya Mengkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think,Talk,Write Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Dengan Tema Peristiwa Pada Semester Genap Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Pekanbaru)

Nurhasni, Nurhasni (2020) Upaya Mengkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think,Talk,Write Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Dengan Tema Peristiwa Pada Semester Genap Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Pekanbaru). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1486206106- BAB I SAMPAI BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1486206106- BAB IV-V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya minat siswa dalam menulis puisi padarnpembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SDN 2 Kota Pekanbaru. Salah satu solusi untukrnmengatasi masalah ini dengan menggunakan model kooperatif tipe Think,Talk,Write (TTW).rnxDengan demikian tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisirnmenggunakan model kooperatif tipe think,talk,write (TTW) pada pembelajaran BahasarnIndonesia kelas III SD.Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakkan kelas (PTK)rnyang di laksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua pertemuan.Penelitianrnini dilakukan pada SDN 2 Kota Pekanbaru jalan dengan subjek penelitian siswa kelas IIIrnSD.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi danrndokumentasi.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran BahasarnIndonesia dari sebelum tindakan dengan rata-rata persentase 51,45% dengan kategorirnkurang,dengan menggunakan metode model kooperatif tipe think,talk,write (TTW) makarnterjadi peningkatan siklus I dengan persentase 83,92%, sedangkan rata-rata siklus 2rnkemampuan meningkatkan keterampilan puisi menggunakan model kooperatif tipernthink,talk,write (TTW) terjadi peningkatan dengan rata-rata 100%. Jadi, pembelajaran BahasarnIndonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi menggunakan model kooperatifrntipe think,talk,write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SDN 2rnKota pekanbaru .rnKata kunci : model kooperatif tipe think,talk,write (TTW)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:43
Last Modified: 10 Jul 2024 11:17
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item