Faktor -faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pemebalajaran Daring Sekolah Dasar Berbasis Whatsapp Di Kelas III (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Di Kelas III Tema II SDN 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar

Ma'Sum, Moh (2020) Faktor -faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pemebalajaran Daring Sekolah Dasar Berbasis Whatsapp Di Kelas III (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Di Kelas III Tema II SDN 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1586206155- Cover dan Dartar Lampiran.pdf

Download (795kB)
[img] Text
1586206155- BAB I-III-converted.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1586206155- BABA IV-V & Daftar Pustaka-converted.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keingin tahuan peneliti tentang FaktorrnPendukung dan Faktor Penghambat Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp padarnTema 2 Kelas III SDN 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri HilirrnKabupaten Kampar, serta bagaimana memberikan solusi dari hambatanhambantan yang muncul dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring dapatrndidefinisikan sebagai upaya menghubungkan peserta didik dengan sumberrnbelajarnya yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan namun dapat salingrnberkomunikasi, berinteraksi atau berkolaborasi secara langsung dan secara tidakrnlangsung. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan menggunakanrnpendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan, Teknik sampling yangrndigunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan snowballrnsampling adapun alat pengumpulan data yang digunakan obsrvasi, wawancara danrndokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam bentuk Faktor PendukungrnPembelajaran daring berbasis whatsapp adalah; Internet/whatsapp dapat memuatrndan mengirim berbagai bahan pembelajaran seperti video penjelasan, pesanrnbergambar, dan pesan suara, Bisa memberikan berkomunikasi dan memberirninstruksi pembelajaran di setiap saat, Siswa dapat mengikuti pembelajaran darirnmana-mana tanpa harus pergi ke sekolah. Adapun Faktor PenghambatrnPembelajaran daring berbasis whatsapp adalah; kuota atau paket data yang cepatrnhabis, Signal kurang bagus , juga tidak memiliki HP android. Berdasarkanrnkesimpulan di atas maka peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut:rnUntuk guru kelas III SDN 009 Sungai Pagar agar mengurangi tugas yangrndiberikan kepada siswa sehingga tugas tidak menumpuk atau tetap memberikanrntugas tapi dengan jumlah yang sedikit, sementara bagi siswa yang belum ataurntidak paham guru bisa melakukan kunjungan ke rumah siswa baik secara individurnatau secara berkelompok, Untuk orang tua siswa agar terlibat dalam pengawasanrnsiswa selama pembelajaran daring karena hal tersebut ikut berperan pentingrnterhadap kesuksesan pembelajaran daring, Bagi sekolah agar menyiapkan tim-timrnguru yang standbye di sekolah untuk membantu siswa-siswa yang berkesulitanrndalam belajarrnKata kuci: Pembelajaran daring, faktor pendukung, faktor penghambat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:38
Last Modified: 14 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item