Penerapan Model Problem Solving Learning (PSL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPArnSiswa Kelas V SDN 002 Sekupang Kota Batam (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia)

Bamelda, Malisa (2020) Penerapan Model Problem Solving Learning (PSL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPArnSiswa Kelas V SDN 002 Sekupang Kota Batam (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206120- Cover dan Daftar Lampiran-converted.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206120- BAB 1,2,3-converted.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206120- BAB 4, 5 & DAPUS-converted.pdf

Download (10MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 002 Sekupang Kota Batam yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, rubrik dan observasi.Rubrik dan observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranProblem Solving Learning (PSL). Teknik analisis data yang digunakan adalah data yang sifat kuantitatif dan kualitatif.Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 75% dari jumlah siswa aktif melakasanakan pembelajaran pada setiap sub indikator (≥76% dari aktivitas yang diamati). Aktivitas tersebut meliputi Visual Activition, Oral Activition, dan Mental Activition. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan aktivitas belajar IPA pada pra tindakan yaitu sebagian besar 44% dengan kategori cukup. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu berupa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving Learning (PSL). Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 22% menjadi 66% dengan kategori aktif. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 21,5% menjadi 87,5%. Secara keseluruhan penerapan model pembelajaran Problem Solving Learning (PSL) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA materi sistem pencernaan pada manusia siswa kelas V SDN 002 Sekupang Kota Batam. Kata Kunci : IPA, Problem Solving Learning (PSL) , Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:15
Last Modified: 14 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item