Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 3 Tugas Sehari-Hari Materi Satuan Waktu Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Batam)

Sari, Cut Indah Yuvia (2020) Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 3 Tugas Sehari-Hari Materi Satuan Waktu Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206095-COVER S-D DAFTAR LAMPIRAN-dikonversi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206095-BAB 1 S-D BAB 3-dikonversi.pdf

Download (9MB)
[img] Text
1686206095-BAB IV S-D BAB V-dikonversi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa padarnpembelajaran matematika di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Batam.rnSalah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkanrnpendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan penelitian inirnuntuk memaparkan Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran MatematikarnDengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education SiswarnMadrasah Ibtidaiyah Batam. Metode penelitian ini adalah Penelitian TindakanrnKelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus tedapat duarnpertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,rnrefleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November selamarndua minggu 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 20rnorang, dengan jumlah laki-laki 8 orang, dan siswa perempuan berjumah 12rnorang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasilrnpenelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa mengalamirnpeningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus Irnpertemuan I mencapai (20%), pertemuan II meningkat menjadi (50%) sedangkanrnpada siklus II pertemuan I (75%), dan pertemuan II meningkat menjadi (85%).rnDengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatanrnRealistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat belajar siswarnpada pelajaran matematika materi satuan waktu pada kelas II Madrasah IbtidaiyahrnBatam.rnKata Kunci : Minat Belajar Siswa, Realistic Mathematic Education (RME)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:11
Last Modified: 14 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item