Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan ProsesrnSains Materi Pencerminan Pada Siswa Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema IV Fokus Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 004 Bualang Kota Batam

Azwin, Azwin (2020) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan ProsesrnSains Materi Pencerminan Pada Siswa Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema IV Fokus Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 004 Bualang Kota Batam. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206092- AZWIN COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206092- AZWIN BAB I SAMPAI III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1686206092- AZWIN BAB IV SAMPAI V Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metoderneksperimen terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 004 BulangrnKota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK)rnyang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklus terdiri darirnempat langkah menurut Arikunto, dkk yaitu perencanaan (planning),rntindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyekrnpenelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Bulang tahun 2019 yangrnberjumlah sebanyak 34 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melaluirntes dan observasi pelaksanaan metode eksperimen dan keaktifan belajarrnsiswa. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini yaitu presentasernKeterampilan Proses Sains dan Keaktifan belajar siswa minimal sebesarrn70%. Hasil penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkanrnKeterampilan Proses Sains dan Keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 004rnBulang. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dirnsiklus I sebesar 61,76%. Sementara itu, pada siklus II aktivitas belajarrnsiswa mengalami peningkatan menjadi 85,30%. Jadi, peningkatan nilairnyang terjadi sebesar 23,54%. Persentase ketuntasan belajar siswa padarnsiklus I menjadi sebesar 61,76% dengan dengan rata-rata nilai 67,06.rnSementara itu, pada siklus II, persentase ketuntasan belajar klasikalrnmencapai 82,35% dengan rata-rata nilai 76,65. Dari kedua hasil belajarrntersebut, dapat diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar klasikalrnmeningkat sebanyak 20,59% dan rata-rata nilai meningkat sebesar 9,59.rnPenelitian ini dihentikan pada siklus II karena berdasarkan hasil peneliianrnpada siklus II, telah berhasil mencapai indikator keberhasilan yaiturnminimal 70% pada presentase ketuntasan belajar dan presentase keaktifanrnbelajar siswa sehingga tidak dilakukan tindakan siklus III.rnKata kunci: Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:04
Last Modified: 14 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item