Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 4 Sehat Itu Penting Kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam).

Marlin, Desta (2020) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 4 Sehat Itu Penting Kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206097-COVER DAN DAFTAR LAMPIRAN-converted.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206097-BAB I-3-converted.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1686206097-BAB IV-V DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritisrnsiswa pada mata pelajaran IPS di kels V SDIT Insan Harapan SagulungrnBatam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah denganrnmenerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuanrnpenelitian ini untuk memaparkan peningkatan keterampilan berpikir kritisrnIPS materi interaksi sosial dengan menggunakan model pembelajaran PBLrnpada siswa kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam. Metodernpenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakanrndalam dua siklus. Setiap siklus tedapat dua pertemuan dan empat tahap,rnyaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitianrndilaksanakan pada bulan November selama dua minggu 2019. Subjekrnpenelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, dengan jumlah lakilaki 15 orang, dan siswa perempuan berjumah 10 orang. Teknikrnpengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian inirndapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalamirnpeningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus Irnpertemuan I mencapai (40%), pertemuan II meningkat menjadi (60%) sedangkanrnpada siklus II pertemuan I (72%), dan pertemuan II meningkat menjadi (80%).rnDengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan modelrnpembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materirninteraksi sosial pada kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam.rnKata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learningrn(PBL)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:25
Last Modified: 14 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item