Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Pelangi Dalam Gelas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ubay Bin Kaab Salo

Dewi, Nurmala (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Pelangi Dalam Gelas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ubay Bin Kaab Salo. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
FULL TEXT ( NURMALA DEWI 2086207018 ).pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak di RA Ubay Bin Ka’ab Salo. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lapangan pada beberapa indikator, perkembangan kognitif pada anak belum optimal dikarenakan beberapa faktor seperti kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kurang bervariasi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan media pelangi dalam gelas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah media pelangi dalam gelas dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di RA Ubay Bin Ka’ab Salo. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus yang dilakukan. Pada kemampuan kognitif anak pada kondisi awal yaitu 60%, dan pada siklus I meningkat menjadi 78,66%. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 98,66%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan kognitif anak melalui permainan warna berjalan pada anak usia 5-6 tahun di RA Ubay Bin Ka’ab Salo. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Warna Pelangi, Media

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 09 Jun 2025 21:58
Last Modified: 09 Jun 2025 21:58
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item