Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E (Engagment, Exploration, Elaboration, Evaluation) Terhadap Keterampilan Proses SAINS Peserta Didik (Studi Kasus Eksperimen Pada Tema 1 Pebelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Langgini)

Ranita, Ranita (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E (Engagment, Exploration, Elaboration, Evaluation) Terhadap Keterampilan Proses SAINS Peserta Didik (Studi Kasus Eksperimen Pada Tema 1 Pebelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Langgini). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206034- COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)
[img] Text
1686206034-BAB I - BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1686206034- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CyclernLearning 5E terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 005rnLanggini Bangkinang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SDNrn005 Langgini pada bulan September 2020. Populasi dari penelitian ini adalahrnseluruh siswa kelas IV SDN 005 Langgini sedangkan sampelnya adalah siswarnkelas IVB dan siswa kelas IVC. Metode yang digunakan dalam penelitian inirnadalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Desain Dalamrndesain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian kelompokrneksperimen diberikan perlakuan pembelajaran IPA dengan model pembelajaranrnCycle Learning 5E, sedangkan kelompok kontrol dengan model pembelajaranrnPOE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasirnketerampilan proses sains. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujianrnstatistik yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimenrn81,25 lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 74,4. Hal inirndibuktikan dengan hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 2,877 > ttabel 1,714rnuntuk taraf signifikan 5% atau α = 0,05 sehingga ???????? diterima dan ????0 ditolak.rnBerdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapanrnmodel pembelajaran Cycle Learning 5E berpengaruh terhadap keterampilanrnproses sains siswa.rnKata Kunci: Cycle Learning 5E, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:06
Last Modified: 14 Oct 2021 02:06
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item