Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Melalui Metode Think Pair Share Di Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas tema 1 Pembelajaran 2 Materi Pentingnya Kerja Sama Siswwa Kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru)

Heriany, Tessy Widya (2020) Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Melalui Metode Think Pair Share Di Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas tema 1 Pembelajaran 2 Materi Pentingnya Kerja Sama Siswwa Kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1586206095-COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text
1586206095- BAB I SAMPAI BAB III (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
1586206095- BAB IV-V DAN DAFTAR PUSTAA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilanrnpartisipasi siswa melalui metode think pair share pada pembelajaran PKnrnkelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru kecamatan tapung kabupatenrnKampar. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK)rnyang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kalirnpertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,rnevaluasi, dan waktu penelitian dilaksanakan penelitian ini dikarnakanrnsekolah ini mengalami rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam belajar.rnSubjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru yangrnberjumlah 27 orang, dengan jumlah laki-laki 15 orang dan jumlah siswarnperempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inirnmenggunakan teknik obsevasi dan lembar dokumentasi. Hasil penelitianrnini dapat disimpulkan bahwa keterampilan partisipasi siswa dengan temarnIndahnya kebersamaan kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru,pada prarntindakan tergolong kriteria kurang dengan ketuntasan klasikal 37 % dari 27rnorang siswa hanya 10 orang siswa yang tuntas. Pada siklus I denganrnkriteria cukup dengan ketuntasan klasikal 48,14% dari 27 orang siswarnhanya 14 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II tergolong kriteria baikrndengan ketuntasan klasikal 70,37% dari 27 orang siswa terdapat hanya 19rnorang yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa denganrnmenggunakan metode Think Pair Share dapat peningkatan keterampilanrnpartisipasi siswa kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru.rnKata kunci : Keterampilan Partisipasi, Metode Think Pair Share

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:40
Last Modified: 14 Oct 2021 01:40
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item