Penerapan Model Kooperatif Tipe Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis KaranganrnNarasi Peserta didik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 002 Pasir Sialang)

Mardhotillah, Siska (2020) Penerapan Model Kooperatif Tipe Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis KaranganrnNarasi Peserta didik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 002 Pasir Sialang). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206059- COVER -DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (24MB)
[img] Text
1686206059- BAB 1-3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
1686206059- BAB 4-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karanganrnnarasi pesert didik pada fokus pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negerirn002 Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Salah satu solusirnuntuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Model PembelajaranrnKooperatif Tipe Paired Story Telling. Tujuan penelitian ini untukrnmendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi denganrnmenggunakan model Paired Story Telling pada peserta didik kelas V SD Negerirn002 Pasir Sialang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)rnyang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan danrnempat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjekrnpenelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang, dengan jumlahrnpeserta didik laki-laki 6 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 10 orang.rnTeknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianrnini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi peserta didikrnkelas V SDN 002 Pasir Sialang pada siklus I tergolong rendah dengan rata-ratarn69,2. Selanjutnya dari 16 orang peserta didik hanya 8 orang yang tuntas,rnsedangkan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II sudah baik, denganrnrata-rata 78, dan dari 16 orang peserta didik terdapat 12 orang peserta didik yangrntuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 75%. Dengan demikian dapatrndisimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipernPaired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasirnpeserta didik kelas V SDN 002 Pasir Sialang.rnKata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Model PembelajaranrnKooperatif Tipe Paired Story Telling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:33
Last Modified: 13 Oct 2021 08:33
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item