Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Materi Membaca Teks Cerita Siswa Kelas V SD Negeri 002 Kuok)

Anggraini, Ulfa (2020) Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Materi Membaca Teks Cerita Siswa Kelas V SD Negeri 002 Kuok). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206047- Cover sampai Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1686206047- BAB I sampai BAB 3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
1686206047- BAB 4-6 sampai DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran membaca khususnya membaca pemahaman di SD Negeri 002 Kuok, Kecamatan Kuok. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas eksperimen yaitu kelas V Raudho dan kelas kontrol yaitu siswa kelas V Mina SD Negeri 002 Kuok. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului uji normalitas dan homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman dengan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) lebih tinggi daripada keterampilan membaca pemahaman dengan strategi Know-Want to Know-Learned (KWL). Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,038) < α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) lebih efektif dibandingkan dengan strategi Know-Want to Know�Learned (KWL), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 002 Kuok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:14
Last Modified: 13 Oct 2021 08:14
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item