Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip

Sanita, Sri (2020) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206060-BAB I - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206060-BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatkan keterampilanrnmenulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Tahfizh Qudwatuna. Salahrnsatu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan metodernfield trip. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajarrnBahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi. Metode ini adalahrnPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.rnSetiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaiturnperencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. dan waktu penelitianrndilaksanakan mulai bulan Juli hingga Agustus 2020. Subjek penelitian inirnsiswa kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan datarnberupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian inirndapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi menulis karanganrndeskripsi kelas IV SD Tahfizh Qudwatuna, pada siklus I dan siklus IIrnmenunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan rata-rata siswa 67,1.rnPada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 73,7. Pada siklus II rata-ratarnsiswa semakin meningkat menjadi 80,1. Dari hasil ini menunjukkan bahwarnpembelajaran menggunakan metode field triprnKata kunci: Karangan Deskripsi, Metode Field Trip, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:07
Last Modified: 10 Jul 2024 11:21
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item