Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Dengan Meggunakan Model Think Pair Share di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Nongsa

Fakhrial, Fadel (2020) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Dengan Meggunakan Model Think Pair Share di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Nongsa. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206091- Cover dan Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1686206091-Bab I - Bab III-dikonversi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
1686206091-Bab IV dan Bab V-dikonversi.pdf

Download (27MB)

Abstract

Metode Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu metode pembelajaran yangrnperlu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena metode think pair sharern(TPS) ini dirancang untuk mengajak siswa mencari jawaban terhadap suaturnpertanyaan dari suatu konsep melalui suatu kelompok. Salah satu masalah yangrndihadapi dalam pembelajaran IPA adalah rendahnya aktivitas belajar IPA pesertarndidik. Hal ini disebabkan dalam proses belajar mengajar disekolah guru lebihrnsering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kemudian kemampuanrnpeserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang.rnPerumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan MetodernThink Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada pesertarndidik di SD Negeri 008 Nongsa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuirnapakah metode think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajarrnpeserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 008 Nongsa. Jenisrnpenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classrom ActionrnResearch karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yangrndilaksanakan oleh guru didalam kelas. Analisis data dalam penelitian inirndilaksanakan dalam dua siklus. Dilakukan penilaian pada setiap akhir siklus untukrnmengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi dan penguasaan peserta didikrnterhadap materi IPA. Hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dapatrnditingkatkan dengan menggunakan metode think pair share (TPS) pada siswarnkelas V SD Negeri 008 Nongsa, hal ini dapat dilihat pada Pra Tindakan siswarnyang hanya mencapai (47,83%) untuk aktivitas siswa. Pada siklus I siswarnpersentase ketuntasan sebanyak (64.10%). Dan pada siklus II data aktivitas belajarrnsiswa berada pada (81.60%) yang sudah termasuk kategori baik. Dan sudahrnmemenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80%. Dengan demikianrndapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Thin Pair Share dapatrnmeningkatkan aktivitas belajar siwa kelas V SDN 008 Nongsa Kota Batam.rnKata kunci : Aktivitas belajar siswa, Metode Think Pair Share, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:29
Last Modified: 13 Oct 2021 07:29
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item