Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia MI Al-Muttaqin Tanjung Uma Batam)

Irlawati, Metty (2020) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia MI Al-Muttaqin Tanjung Uma Batam). Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206121- cover dan lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206121-BAB 1-3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
1686206121-BAB IV dan V.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAKrnPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran danrnketerampilan menulis puisi bebas siswa kelas V MI Al-Muttaqin Tanjung UmarnBatam melalui penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual. Jenis penelian inirnadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratifrndengan observer. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIrnAl-muttaqin Tanjung Uma Batam, terdiri dari 25 siswa terdapat 13 siswa laki-lakirndan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan ter menulisrndan observasi. Tes menulsi puisi bebas digunakan untuk mengukur keterampilanrnmenulis puisi bebas sedangkan lembar observasi bertujuan mengamati aktivitasrnsiswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modelrnpembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebasrnsiswa kelas V MI Al-Muttaqin Batam. Hal ini di tunjukkan dengan adanyarnpeningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria \ketuntasan Minimum (KKM)rndan peningkatan nilai rata-rata kelas dan Klasikal. Nilai rata-rata dan persentasernketuntasan klasikal prasiklus 8%, pada siklus I pertemuan I 44% dan meningkatrnsiklus I pertemuan II 60% dan siklus II pertemuan I meningkat 88% dan 100%rnpada siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan model peningkatanrnketerampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan pendekatan kontekstualrnsiswa kelas V MI Al-Muttaqin Batam. Kata Kunci : Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilanrnmenulis puisi bebas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:14
Last Modified: 13 Oct 2021 07:14
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item