Sinergi Kepemimpinan Instruksional dan Transformasional dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Dasar di Pekanbaru

Hanafi, Imam and Monia, Fenny Ayu and Yuniar, Yuniar (2025) Sinergi Kepemimpinan Instruksional dan Transformasional dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Dasar di Pekanbaru. J-INSTECH: Journal of Instructional Technology, 06 (1). pp. 101-110. ISSN e-ISSN: 3062-7443

[img] Text
Artikel Imam Hanafi.pdf

Download (250kB)
Official URL: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/j-instec...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan instruksional dan kepemimpinan perubahan terhadap prestasi sekolah dasar di Kota Pekanbaru. Fokus utama penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana kedua gaya kepemimpinan tersebut berkontribusi dalam meningkatkan capaian prestasi sekolah, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian mencakup seluruh kepala sekolah dasar negeri di Kota Pekanbaru, dengan sampel sebanyak 21 kepala sekolah yang dipilih melalui teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi dan dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kepemimpinan instruksional maupun kepemimpinan perubahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi sekolah. Secara simultan, kedua gaya kepemimpinan ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong tercapainya prestasi sekolah yang lebih optimal. Temuan ini mengindikasikan bahwa peran aktif kepala sekolah dalam menerapkan strategi kepemimpinan yang tepat dapat menjadi faktor penentu dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dr Imam Hanafi
Date Deposited: 21 May 2025 17:49
Last Modified: 21 May 2025 17:49
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/3351

Actions (login required)

View Item View Item