Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika untukrnMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Hasibuan, Amirtua (2020) Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika untukrnMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206093- Cover -Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206093-Bab I - III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206093-Bab IV-Bab V dab Daftar Pustaka.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikirrnkreatif siswa kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam. Salah satu solusi untukrnmengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Pendekatan OpenrnEnded. Untuk mengetahui apakah pendekatan open ended dapatrnmeningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 4 SDIT AlHijrah Batam. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasrn(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri darirndua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,rnobservasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulanrnOktober 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDIT Al-HijrahrnBatam yang berjumlah 35 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 20rnorang, dan siswa perempuan berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulanrndata berupa dokumentasi, observasi, dan penilaian kinerja. Hasilrnpenelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswarnpada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDIT Al-Hijrah Batamrnpada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 69,68 Selanjutnya darirn35 orang siswa hanya 24 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikalrn68,57% Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 82,86 dari 35rnorang siswa terdapat 28 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasanrnklasikal 80% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa denganrnmenggunakan pendekatan Open Ended dapat meningkatkanrnkemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Matematikarnmateri luas gabungan bangun datar di kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam.rnKata Kunci : Berpikir Kreatif, Pendekatan Open Ended, Luas Gabunganrn Bangun datar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:36
Last Modified: 13 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item