Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Peserta Didik Sekolah Dasar

Tomi, Gustira Putri (2020) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Peserta Didik Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206105-COVER DAN DAFTAR LAMPIRAN GUSRITA PUTRI ROMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1686206105-BAB 1-3 GUSRITA PUTRI ROMI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
1686206105-BAB IV-V dan Daftar Pustaka GUSRITA PUTRI ROMI.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konseprnmatematika peserta didik kelas IV SDS Bunda Kecamatan Batam Kota. Hal inirndisebabkan karena model pembelajaran belum mampu meningkatkan kemampuanrnpemahaman konsep matematika peserta didik dalam proses pembelajaran. Untukrnitu diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian inirnbertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematikarnmateri penaksiran hasil dari penjumlahan bilangan pecahan dengan menggunakanrnmodel pembelajaran Numbered Head Together peserta didik kelas IV SDS Bunda.rnMetode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakanrndalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapanrnyaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitianrndilaksanakan pada bulan November 2019. Subjek penelitian adalah peserta didikrnkelas IV yang berjumlah 10 orang dengan jumlah laki-laki 3 orang dan perempuanrnberjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi danrntes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuanrnpemahaman konsep matematika materi penaksiran hasil dari penjumlahanrnbilangan pecahan peserta didik kelas IV SDS Bunda dengan menggunakan modelrnpembelajaran Numbered Head Together pada siklus I tergolong tinggi denganrnrata-rata 72,39. Selanjutnya dari 10 orang peserta didik hanya 7 orang yang tuntasrndengan ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II tinggi dengan rata-rata 79,99 darirn10 orang peserta didik terdapat 10 orang yang tuntas belajar dengan ketuntasanrnklasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanrnmodel pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan pemahamanrnkonsep matematika materi penaksiran hasil penjumlahan bilangan pecahan kelasrnIV SDS Bunda.rnKata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Numbered HeadrnTogether, Penaksiran Hasil dari Penjumlahan Bilangan Pecahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:55
Last Modified: 13 Oct 2021 03:55
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item