Kajian Literatur Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar

Silvi, Fuji (2020) Kajian Literatur Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1686206017-COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
1686206017-BAB I - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
1686206017- BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalahrnmatematika pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untukrnmengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaranrnmatematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learnigrn(PBL). Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian literatur. Tahapanrnkajian literatur ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data,rnpembahasan, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 artikel darirntahun 2015-2020 tentang model Problem Based Learning (PBL) dan pemecahanrnmasalah didapatkan 14 artikel yang sesuai dengan teori dasarnya. Berdasarkanrnhasil penelitian tersebut yang dilakukan peneliti tentang pengaruh modelrnpembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahanrnmasalah matematika disekolah dasar, didapatkan peningkatan rata-rata sebesarrn9,9635 dari rata-rata awal 52,23 menjadi 66,9 dengan keseluruhan rata-ratarnpresentase gain sebesar 24,30%. Maka dapat disimpulkan model pembelajaranrnProblem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahanrnmasalah matematika di sekolah dasar.rnKata Kunci: Literatur, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:49
Last Modified: 13 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item