Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Husada Bunda Salo Tahun 2020

Ediati, Jilli (2020) Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Husada Bunda Salo Tahun 2020. Other thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN 1915301K054.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - III 1915301K054.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA 1915301K054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Kepuasan Pelanggan indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kesehatan. Tingkat kepuasan pasien di Indonesia menunjukkan angka kepuasaan pasien 42,8% di Maluku Tengah dan 44,4% di Sumatra Barat. Penelitian untuk mengetahui hubungan pelayanan dokter, perawat, medik, administrasi, fasilitas rawat inap dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Husada Bunda Salo Tahun 2020. Rancangan Penelitian menggunakan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian seluruh pasien rawat inap dari Bulan Mei sampai dengan Juli Tahun 2020, sebanyak 318 orang. Sampel dalam penelitian ini 76 orang pasien rawat inap. Uji hipotesis yang digunakan adalah Chi-Square. Ada hubungan yang bermakna antara pelayanan dokter dengan tingkat kepuasan pasien P value=0,02 POR=3.363 (CI 95% =1,269-8,910). Ada hubungan bermakna antara pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien P value=0,00 POR=4,552 (CI 95% =1,716-12,075). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien. P value=0,07 POR= 2,640 (CI 95% =1.017-6,856). Ada hubungan hubungan yang bermakna antara pelayanan administrasi dengan tingkat kepuasan pasien. P value=0,00 POR=4,552 (CI 95% =5,605-60,138). Ada hubungan yang bermakna antara fasilitas rawat inap dengan tingkat kepuasan pasien P value=0,00 POR=4,385 (CI 95% =1,634-11,700). Diharapkan kepada pihak rumah sakit dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan kepuasan pasien atas pelayanan diberikan yang berkualitas maka perlu diperhatikan ketanggapan dan kehandalan petugas jenis fasilitas dan sarana pelayanan kesehatan juga perlu mendapatkan perhatian dengan lebih mengutamakan jenis sarana pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh pasien dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitasrnrnKata Kunci :Pelayanan dokter, Perawat, Medik, Administrasi, Fasilitas inap, Kepuasaan pasien. rn"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kebidanan (D4)
Depositing User: Lisa Dwi Anggraini
Date Deposited: 22 Sep 2021 09:00
Last Modified: 07 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item