Pengaruh Model Pembelajaran Technological Pedagogik and content Knowledge (TPACK) Terhadap Kognisi Siswa Sekolah Dasar

Witarsa, Ramdhan and Siregar, Parulian (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Technological Pedagogik and content Knowledge (TPACK) Terhadap Kognisi Siswa Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4 (1). pp. 85-96. ISSN P-ISSN: 2745-4479 E-ISSN: 2745-4487

[img] Text
1. Artikel Terbit Witarsa dan Siregar Juni 2023.pdf

Download (706kB)
[img] Text
2. Bukti Korespondensi Artikel Jurnal SITTAH Ramdhan dkk.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Hasil Cek Turnitin 21% Artikel Ramdhan dkk untuk Jurnal Sittah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge bertujuan untuk mengembangkan kognisi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge terhadap kognisi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Metode ini memiliki sembilan tahapan, yaitu: tinjauan literatur, mengidentifikasi dan membatasi masalah penelitian, mengembangkan hipotesis penelitian, membuat desain penelitian, melakukan pretes, melakukan percobaan, melakukan postes, pengolahan dan analisis data, serta penarikan kesimpulan. Sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa, terdiri dari 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes kognisi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran technological pedagogic and content knowledge berpengaruh signifikan terhadap kognisi siswa sekolah dasar pada kelas eksperimen.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:47
Last Modified: 29 Apr 2024 04:47
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item