Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Siswa Sekolah Dasar

Azriani, Yuni and Masrul, Masrul and Daulay, Musnar Indra (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1). pp. 8581-8593. ISSN 2614-6754 (p), 2614-3097(e)

[img] Text
HAKI 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
astuti,+661.+JPT+IPS.+Yuni+azriani+8581-8593.pdf

Download (335kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/561...

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa siswa kelas V SDN 021 Bangkinang kesulitan dalam memahami pelajaran IPS, terutama pada materi persiapan kemerdekaan. Hal ini disebabkan oleh guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Reciprocal Teaching pada siswa kelas V SDN 021 Bangkinang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Reciprocal Teaching pada siswa kelas V SDN 021 Bangkinang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 021 Bangkinang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Juni 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 12 orang, dan siswa perempuan berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 73,47, selanjutnya dari 23 orang siswa hanya 18 orang siswa atau 78,26% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 81.73, dan dari 23 orang siswa terdapat 20 orang siswa atau 86,95% yang mencapai ketuntasan secara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar perkalian pada siswa kelas V SDN 021 Bangkinang

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:29
Last Modified: 23 Apr 2024 08:29
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item