Sendayu, Rajeni and Masrul, Masrul and Kusuma, Yanti Yandri (2020) Analisis Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa di SD Pahlawan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3 (2). pp. 217-224. ISSN 2655-710X; e-ISSN 2655-6022
Text
ANALISIS PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SD PAHLAWAN.pdf Download (684kB) |
|
Text
Turnitin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran-pelanggaran kedisiplinan belajar pada siswa sekolah dasar Pahlawan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa-siswa sekolah dasar kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas IV sekolah dasar Pahlawan masih kurang. Hal ini terlihat dari banyaknya pelanggaan yang terjadi. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan siswa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor internal yang berasal dari diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan luar. Guru harus melakukan upaya-upaya untuk menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa seperti melakukan pendekatan secara langsung kepada siswa dengan cara bertanya, melakukan tindakan korektif terhadap peraturan dan konsekuensi apabila melanggar aturan yang dibuat, dan melakukan tindakan penyuluhan serta memberikan solusi terhadap kesulitan yang dirasakan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 10 Feb 2024 04:19 |
Last Modified: | 10 Feb 2024 04:19 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1496 |
Actions (login required)
View Item |