Azmi, Zul and Masrul, Masrul and Daulay, Musnar Indra (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Permainan Beban Pikiran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (1). pp. 6032-6039. ISSN E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Text
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Permainan Beban Pikiran.pdf Download (264kB) |
|
Text
Turnitin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tentang penerapan Strategi Permainan Beban Pikiran telah dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 007 Tambusai. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan. Sampel terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan permainan beban pikiran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 007 Tambusai, hal tersebut terbukti dengan sebelum dilaksanakan tindakan, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hanya 33,33% dengan rata-rata 54,44 (kategori rendah). Setelah dilaksanakan tindakan dengan menerapkan permainan beban pikiran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 007 Tambusai, menjadi meningkat hal tersebut dapat dilihat pada ketuntasan klasikal siklus I yaitu 66,67% dengan rata-rata 67,22 (kategori cukup) dan siklus II yaitu 83,33% dengan rata-rata 81,11 (kategori tinggi).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mrs Derima Febrike |
Date Deposited: | 10 Feb 2024 03:39 |
Last Modified: | 10 Feb 2024 03:39 |
URI: | http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1492 |
Actions (login required)
View Item |