Meningkatkan Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Nurhayati, Febri and Witarsa, Ramdhan and Masrul, Masrul (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1). pp. 3551-3557. ISSN 2614-6754 (p), 2614-3097(e)

[img] Text
Meningkatkan Hasil Belajar Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS).pdf

Download (124kB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/575...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan hasil belajar perubahan kenampakan bumi dan benda langit dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IVA SDN 007 Tambusai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, terdiri dari 9 orang laki- laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I hanya 13 atau 65% orang yang mencapai ketuntasan secara individual. Siklus II meningkat menjadi 18 orang atau 90% yang mencapai ketuntasan secara individual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar perubahan kenampakan bumi dan benda langit pada siswa kelas IVA SDN 007 Tambusai.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 10 Feb 2024 03:31
Last Modified: 10 Feb 2024 03:31
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item