Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode PAIKEM pada Siswa Sekolah Dasar

Siregar, Habibah and Masrul, Masrul and Daulay, Musnar Indra (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode PAIKEM pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 04 (04). pp. 1557-1569. ISSN 2655-1365

[img] Text
Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya dengan Menggunakan Metode PAIKEM pada Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (914kB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2226

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa banyak siswa kelasa II SD masih belum fokus mengikuti pembelajaran khususnya di kelas II A SD Negeri 007 Tambusai. Hasil belajar IPA di kelas II A sangat rendah, hal ini disebabkan siswa sering tidak memahami apa yang disampaikan gurunya, karena guru juga masih lebih banyak ceramah, dan siswa masih banyak yang pasif. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak berjalan dengan baik, dimana siswa bosan karena kondisi pembelajaran yang tidak menyenangkan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode PAIKEM. Metode PAIKEM merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA, dan dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas II A SD Negeri 007 Tambusai pada materi energi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Negeri 007 Tambusai, dengan subjek penelitian adalah kelas II A SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Arikunto yang terdiri dari induksi data, deskripsi data, dan kesimpulan. Peningkatan Hasil Belajar IPA pada materi energi dan perubahannya dengan menggunakan metode PAIKEM pada setiap siklus dapat terlihat dari nilai rata-rata 74.61 dengan presentase ketuntasan belajar 53.84 pada siklus I dan nilai rata-rata 81.92 dengan presentase ketuntasan belajar 88.46 pada siklus II. Jadi, metode PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi energi dan perubahannya di kelas II A SD Negeri 007 Tambusai.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 09 Feb 2024 23:49
Last Modified: 09 Feb 2024 23:49
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item