Laporan Penelitian Pengembangan Video Tutorial Mata Kualiah Statistika Pendidikan Berbantuan Aplikasi Screencastify

Wahyuni, Molli and Hidayat, Adityawarman and Zulhendri, Zulhendri (2021) Laporan Penelitian Pengembangan Video Tutorial Mata Kualiah Statistika Pendidikan Berbantuan Aplikasi Screencastify. Laporan Akhir Penelitian. (Unpublished)

[img] Text
laporan penelitian ganjil 2020-2021.docx

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di era teknologi informasi dan diikuti dengan pandemi covid19 yang sedang melanda dunia, membutuhkan kreativitas guru untuk menyajikan pembelajaran yang menggunakan media yang menarik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah video pembelajaran berbasis rekam layar screencastify. Penelitian ini dilakukan untuk membuat video tutorial pembelajaran statistika pendidikan berbantuan aplikasi rekam layar screencastify. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti alur evaluasi Tessmer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial pembelajaran statistika pendidikan tergolong valid, parktis dan efektif. Validitas dilihat dari penilaian expert yang tergolong sangat valid. Uji praktikalitas diperoleh dari hasil kuesioner terhadap mahasiswa dan dosen, yang mana produk tergolong sangat praktis, serta efektivitas dilihat dari uji coba sampel berpasangan mengambil nilai pre test dan post. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji sampel berpasangan. Hasil uji paired t test menunjukkan bahwa terjadi perbedaan signifikan antara skor pre test dan post test. Berdasarkan rata-rata, terjadi peningkatan rata-rata skor post test dibandingkan dengan pre test.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: screencastify, learning media, statistika pendidikan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:52
Last Modified: 08 Dec 2022 03:52
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item