Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVSDN 41 Pekanbaru

Daulay, Musnar Indra and Nurmalina, Nurmalina (2021) Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVSDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 7 (1). pp. 24-34. ISSN ISSN 2443-3667 (Print) ISSN 2715-4564 (Online)

[img] Text
Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVSDN 41 Pekanbaru.pdf

Download (624kB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 41 Pekanbaru. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak aspek membaca pemahaman di kelas IV SDN 41 Pekanbaru masih menggunakan media teks bacaan sebagai satu-satunya acuan yang digunakan. Adapun solusi yang peneliti tawarkan yaitu mengembangkan media komik dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pretest-postest, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,56 (sangat layak). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,59 (sangat layak). Hasil uji coba memperoleh kriteria sangat layak yaitu uji coba awal memperoleh rata-rata skor 4,2 (sangat layak), hasil uji coba utama memperoleh rata-rata skor 4,32 (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata skor 4,43 (sangat layak). Sedangkan hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata-rata skor 4,74 (sangat layak). Guna mengetahui media komik dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, digunakan soal pretest dan postest. Sesuai tabulasi data diketahui jumlah skor rata-rata nilai pretest sebesar 53,82, kemudian mengalami peningkatan pada skor rata-rata nilai postest sebesar 17,38 menjadi 71,20. Perhitungan hasil peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan Gain Score sebesar 0,376. kategori peningkatan sedang. Media akhir penelitian ini berupa komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Indonesia, Media, Komik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:28
Last Modified: 16 Feb 2023 08:47
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item