Pembelajaran Terpadu pada Siswa Miskin Pendidikan Usia Dini di Pekanbaru

Daulay, Musnar Indra (2016) Pembelajaran Terpadu pada Siswa Miskin Pendidikan Usia Dini di Pekanbaru. Jurnal Paud Tambusai, 2 (2). pp. 50-59.

[img] Text
Pembelajaran Terpadu pada Siswa Miskin Pendidikan Usia Dini di Pekanbaru.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Turnitin.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/jo

Abstract

Dewasa ini pendidikan formal di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) banyak memberikan andil yang baik bagi persiapan anak ke jenjang pendidikan dasar. Namun ketersedian PAUD bagi anak miskin di perkotaan sangat terbatas keberadaannya, selain sulitnya pengelolaan dana yang dibutuhkan untuk mefasilitasi belajar juga faktor ketidak menentuannya peserta didik dalam mengikuti jadwal belajar. Penerapan biaya pendidikan perdatang dan dengan rancangan pembelajaran terpadu serta melibatkan orang tua mereka dalam pengelolaan pendanaan swadaya, merupakan alternatif yang dapat dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metodologi survei lapangan mendalam dengan mengambil sampel anak miskin di sanggar bermain excelend Pekanbaru dan melibatkan 15 responden orang tua siswa. Sedangkan untuk mengetahui penerapan pembelajaran terpadu digunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang melibatkan sejumlah guru dan observer. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa: (1) Latar belakang orang tua dari anak yang belajar pada umumnya memiliki kondisi realistis dari kemiskinan struktural, yaitu orang tua dari kaum buruh yang tidak terpelajar, tidak terlatih dan pengusaha tanpa modal dan tanpa fasilitas dengan ekonomi sangat lemah (2) Tingkat pendidikan orang tua sangat rendah. rata-rata tidak lulus SD, (3) Pendapatan orang tua harian berkisar Rp 20.000,- hingga Rp.30.000,-rupiah, dengan beban tanggungan anggota keluarga rata-rata 3 orang, (4) Rata-rata anak kurang mendapatkan asupan gizi yang seimbang, karena beberapa hal diantaranya; (a) ketersediaan makanan yang kurang akibat daya beli kebutuhan pangan orang tua rendah, (b) pengetahuan orang tua terhadap pola gizi juga rendah akibat pendidikan yang kurang memadai, (c) budaya miskin mengakibatkan pola makan tidak teratur dan menu makanan yang seadanya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Mrs Derima Febrike
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:21
Last Modified: 16 Feb 2023 08:48
URI: http://repository.universitaspahlawan.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item